Cara Membersihkan Dapur dengan Mudah

Cara Membersihkan Dapur dengan Mudah

Dapur tidak bisa dipisahkan perannya dari kehidupan sehari-hari. Tidak hanya orang yang hobi memasak saja, Anda yang tidak suka membuat makanan sendiri juga membutuhkan tempat ini. Karena sangat penting fungsinya, keberadaan dapur bersih perlu dijaga. Tidak hanya dibersihkan pada bagian yang terlihat saja. Beberapa perlengkapan makan yang jarang dipakai pun tetap dijaga agar tidak menyebarkan bakteri penyebab penyakit.

Cara Mudah Membersihkan Bagian Dapur

Makanan menjadi kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi. Segala jenis masakan yang ada saat ini sumbernya dari dapur bersih. Tidak hanya asal kenyang saja, kesehatannya pun harus terjaga dengan cara membersihkan dapur secara rutin. Dengan membersihkannya setiap hari, Anda akan terhindar dari masalah tempat masak yang kotor dan bau. Ada beberapa bagian yang mesti diperhatikan kebersihannya dengan benar, antara lain:

  1. Membersihkan lantai

Tumpahan atau noda bercak saos, minyak, dan bahan masakan lainnya jika tidak segera dibersihkan akan meninggalkan bekas yang tak enak dilihat. Cukup dipel atau lap dengan kain sampai bersih dan jangan ada yang tertinggal. Jika ada kotoran yang sulit dihilangkan, bisa menggunakan larutan air hangat yang sudah dicampur dengan soda kue yang berfungsi sebagai pengganti pembersih lantai.

  1. Membersihkan tempat sampah

Setiap orang pastinya ingin memiliki dapur bersih yang terlihat indah. Indikasi rumah yang sehat adalah tertata rapi dan tidak berbau. Sampah yang ada di dapur bisa menjadi sumber penyakit yang berbahaya. Tidak hanya dibuang saja, tempatnya pun harus dibersihkan agar tidak menimbulkan bau yang menyengat. Caranya adalah dengan menuangkan air hangat pada bak sampah dan biarkan beberapa saat. Cuci dengan air lalu keringkan.

  1. Membersihkan tempat cuci piring

Jika tidak sering dibersihkan, akan timbul kerak pada tempat cuci piring dan warnanya akan menguning. Saluran airnya juga harus dirawat dengan tidak membuang sampah di tempat itu. Agar warnanya kembali putih dan mengkilap, siram dengan air hangat lalu tuangkan larutan pemutih secukupnya. Diamkan selama beberapa menit lalu gosok dan bilas dengan air bersih.

  1. Membersihkan kompor

Kompor menjadi perabot rumah tangga yang sering dipakai dan cepat kotor. Apapun jenis merknya jika tidak dibersihkan akan menimbulkan kesan jorok. Siapkan spon lalu tuangkan sabun pencuci piring secukupnya kemudian lap semua bagian kompor sampai bersih. Keringkan dengan kain bersih.

  1. Membersihkan kulkas

Sebagai tempat untuk menyimpan berbagai jenis bahan makanan dan minuman. Tempat pendingin ini akan cepat bau jika jarang dibersihkan. Sebaiknya jangan memasukkan terlalu banyak barang di kulkas. Cabut sumber listrik, dan keluarkan semua bahan yang ada didalam. Bersihkan dengan kain yang kering, lalu tata kembali dengan rapi. Buang yang sudah terpakai atau kadaluarsa.

  1. Membersihkan meja dapur

Mengiris dan meracik bahan masakan biasa dilakukan disini. Agar masakan rasanya semakin enak dan lezat, pastikan tempat meraciknya juga bersih. Setelah selesai memasak, segera bersihkan dengan kain yang basah lalu dilanjutkan dengan lap kering. Lakukan setiap hari agar tidak ada noda membandel yang tertinggal di meja dan dapur bersih akan terlihat indah dan rapi.

Beberapa tips merawat dapur bersih dan membersihkannya seperti yang disebutkan diatas, semoga bisa memberikan manfaat mengenai cara yang benar untuk membersihkan dapur. Sangat praktis dan mudah hanya bermodalkan sapu, kain pel, dan lap bersih. Pastikan juga kebersihan perlengkapan bersih-bersih. Cucilah sebelum dan sesudah dipakai untuk menghilangkan kotoran yang menempel di peralatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *